9 Mei 2024

PUSKESMAS BATU AJI

BERSAMA KITA BISA

Puskesmas Batu Aji Melakukan Deteksi Dini Faktor/Skrining Faktor Resiko & PTM Prioritas di Perumahan Bambu Kuning RW 1 Kelurahan Bukit Tempayan

1 min read

Puskesmas BatuAji- Upaya mencegah penyakit tidak menular (PTM) di masyarakat terus menjadi fokus perhatian tenaga kesehatan Puskesmas Batu aji. Untuk itu Nakes Puskesmas Batu aji berupaya dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas setempat meskipun diluar jam kerja dan hari kerja.

Minggu (11/6/2023) telah dilaksanakan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular di Perumahan bambu kuning RW 1 kelurahan Bukit Tempayan Kecamatan Batu Aji.

Tema kegiatan “Ayo Ke Jaga Kesehatan diri, keluarga dan lingkungan sekitar” kegiatan berlangsung di Gedung posyandu SEHATI.

Petugas pelaksana tenaga kesehatan Puskesmas batu aji diantaranya dr. Avi, Vivi Julita, AMKG, Yetti Vinolia, A.Md, serta kader posyandu sehati dan didampingi oleh Kepala Puskesmas Batuaji dr. Sri Fetra Netti, MM.

“Dengan adanya deteksi dini PTM ini diharapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM, sehingga masyarakat bisa melakukan upaya dini agar PTM bisa dicegah, dan penyandang PTM bisa melakukan upaya untuk meminimalisir penyakit yang dialami, serta masyarakat bisa mendapatkan informasi-informasi kesehatan karena sebelum kegiatan skrining dilakukan penyuluhan terlebih dahulu” ujar Kapus.  

kegiatan ini diliputi kegiatan lain seperti Senam sehat, Gotong royong , Pemberantasan sarang nyamuk, skrining kesehatan dan konsultasi kesehatan oleh dokter.

“dari 58 orang yang diperiksa Tinggi badan, Berat badan, lingkar perut, tensi darah dan gula darah sewaktu, ada 10 orang dengan riwayat hypertensi dan orang dengan riwayat gula darah sewaktu yang tinggi yaitu 228 mg/dl dan sudah dianjurkan kontrol ulang dan melakukan pemeriksaan rutin” kata Yetti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.